Mengubah nada dasar dengan bantuan aplikasi “KeyChord” di android.


Haii, lama nih nggak menyapa. Semoga not-not angka yang aku posting dan share di blog ini bisa selalu bermanfaat buat semuanya. ^^
 
Di postingan kali ini aku mau ngasih tips nih, bagaimana caranya mengubah nada dasar menjadi C=Do. Nada dasar yang paling mudah dimainkan di alat musik manapun (terutama bagi pemula), namun nggak semua lagu dan penyanyinya menggunakan nada dasar itu. Yaa, karena tingkat nada dan suara setiap penyanyi memang berbeda-beda, kan? :D 

Oh iya. Sebelumnya aku mau jelasin dulu tentang aplikasi KeyChord ini. Bisa dibilang, ini satu-satunya aplikasi piano favorit aku dan yang sejak dulu paling sering aku gunakan untuk mencari not angka lagu.

 
Meskipun nggak seperti Piano Perfect yang ada keterangan angka di pianonya alias polos, tapi yang aku suka di aplikasi ini adalah fitur chord nya yang lumayan lengkap. Dan bagi kalian yang pengen belajar tentang chord, mungkin bisa belajar pakai aplikasi ini. Karena banyak sekali jenis tangga nada juga chord yang disediakan.




 
Seperti yang biasa dilihat di beberapa gambar not angka yang aku tulis, di bagian atasnya terkadang aku menulis kunci nada dasar sesuai dengan nada lagu asli yang aku dengar langsung.

Namun ada beberapa lagu juga yang sengaja aku naikkan atau turunkan setengah nada, agar lebih mudah dimainkan. Khususnya bagi yang menggunakan alat musik biola, angklung, terompet, recorder, saxophone, xylophone, dan sejenisnya.

Biasanya aku pakai cara itu hanya untuk lagu-lagu yang nada dasarnya di B, C# atau F#, karena yang tidak dicoret hanya 2 not, dan sisanya nada setengah, seperti di gambar berikut ini.



 
Nah, yang kayak gitu aku ribet juga nulisnya. Selain karena banyak yang dicoret, juga agak was-was kalau nanti hasilnya malah jadi nggak jelas dibaca. hanya beberapa not yang dicoret saja ada yang nanya itu angka/not berapa. Gimana kalau yang dicoret nyaris semua angkanya? Hihi, ribet nulis, ribet jelasinnya juga kan. :D Karena itu aku coba cari nada yang lebih mudah, tapi diusahakan nggak terlalu jauh dari lagu aslinya. Bisa naik atau turun ½ atau 1 nada. 

Sekarang aku akan jelaskan bagaimana cara mengubah kunci not dasar selain C, menjadi C dengan bantuan aplikasi KeyChord di android. Sebagai contoh, kalian bisa lihat gambar-gambar yang aku screenshoot ini. 












 
Oh iya, sebelumnya aku kasih tahu dulu ya. Untuk gambar di atas itu aku pakenya kunci mayor. Mulai dari C, D, E, F, G, A, B sampai C lagi semuanya mayor. Kalau mau liat selain itu mending download langsung aplikasinya aja di android, namanya KeyChord.

Kalau mau mengubah ke C sebenarnya cukup mudah, karena kita tinggal mengganti angka apa saja yang sesuai dengan nada di kunci C, yakni 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 1’.

Misalnya, sebuah lagu dengan kunci D, mau diubah ke kunci C. Setelah melihat gambar di atas dan tahu letak masing-masing notnya, tinggal tulis aja seperti di bawah ini. 

 
Bahkan, untuk kunci nada yang lebih jauh juga bisa. Contohnya seperti A ke C. bisa lihat gambar di bawah ini.


Oke? Kira-kira sudah ngerti caranya belum? Aku jelasin cara ini karena menurutku ini yang paling mudah, daripada harus ngubek-ngubek google untuk cari not lagu dengan nada yang sesuai dengan yang diinginkan, tapi belum tentu dapet. xD 

Selain cara di atas, terkadang juga aku suka pakai cara menghitung tuts ke berapa di not yang mana. Sebenarnya sih, menurutku cara ini yang lebih mudah. Tapi sepertinya agak susah kalau dijelaskan di sini tanpa lihat langsung caranya. Lain kali aku kasih tahu, ya. :)
 
Tapi kalau masih ribet juga, mungkin harus lebih banyak belajar lagi agar bisa menemukan nada yang pas, sebelum mengubahnya ke kunci lainnya. Aku pun begitu, karena terkadang aku juga masih perlu belajar menghafal letak chord tanpa melihat di aplikasi KeyChord itu, wkwk...

Sekian info dariku. Semoga bermanfaat, terutama bagi yang masih pemula. Karena yang aku jelaskan di sini adalah teknik yang aku temukan sendiri, jadi kalau ada yang salah maafin yaa! :D

0 Response to "Mengubah nada dasar dengan bantuan aplikasi “KeyChord” di android."

Post a Comment

Apa komentarmu tentang catatan ini?